Servis Motor Rutin Tak Ubahnya Investasi, Cek 8 Bagian ini

Bisnis itu tak ubahnya motor yang harus dirawat. Mungkin akan lebih tepat bila dikatakan sebagai investasi. Sebagai contoh servis motor rutin dilakukan dan perlu, setelah itu motor akan bekerja sangat baik untuk dukung usaha sehari-hari.

servis motor di planet ban
icostalk.com

Lain cerita kemudian bila motor tidak dirawat. Yang ada bisa jadi motor akan menjadi si raja mogok. Tak hanya itu saja, begitu masuk bengkel bisa jadi akan menelan biaya yang jauh lebih besar.

Servis motor juga tidak perlu dilakukan satu bulan sekali. Tapi bisa dilakukan berkala dan pada umumnya dilakukan 2 atau 3 bulan sekali tergantung dari beban motor setiap harinya.

Semakin berat beban dibawa dan durasi kerja lebih lama tentu butuh perawatan yang lebih intensif. Berbeda bila motor digunakan hanya untuk individu tanpa beban lebih dan jarak tempuh pendek.

Servis Motor Rutin itu Harus

Apapun alasannya, servis motor itu harus dan tidak boleh asal-asalan. Mereka yang melakukan kegiatan pengecekan dan perawatan ini haruslah mekanik handal sehingga hasil didapat pun benar-benar baik.

Diantara beberapa bagian yang wajib mendapat perhatian saat servis motor antara lain:

1. Oli Mesin

oli x ten dengan teknologi ester
icostalk.com

Hal pertama yang harus diperhatikan tentu saja penggantian oli mesin. Tidak bisa tidak dan bagian ini menjadi paling krusial mengingat mesin bekerja dengan baik bila ada pelumasan sempurna.

Minyak ini juga berfungsi untuk mendinginkan mesin saat motor bekerja cukup lama dan beban tinggi. Berkurangnya jumlah dan kualitas oli tentu akan mengurangi performa motor hingga menimbulkan kerusakan.

Oli pada umumnya yang ada dipasaran rata-rata harus dilakukan penggantian saat kendaraan menempuh jarak 2.500 kilometer. Bila ingin hemat dengan menaikkan jarak tempuh di 5.000 kilometer atau 2 kali oli biasa maka harus menggunakan oli motor matic dengan teknologi ester yang memiliki kandungan base oil tertinggi.

Oli yang mampu bekerja sangat apik, baik itu sebagai pelumas, pendingin hingga pelindung mesin dari gesekan. Meski memiliki kinerja yang sangat baik harga oli ini pun tak jauh beda dengan oli pada umumnya.

2. Oli Gardan

Khusus pada motor matic jangan lupa untuk penggantian oli gardan. Oli yang akan melindungi gear pada Continuously Variable Transmission (CVT) ini harus diganti tiap 5.000 kilometer.

Dengan demikian saat penggantian oli mesin dengan teknologi ester bisa sekaligus melakukan penggantian oli gardan. Menjadi proses kian mudah karena satu waktu bisa semua terselesaikan.

3. Busi

Bagian lain yang harus dicek dengan seksama adalah busi. Jangan sampai soak atau mati karena kemudian akan membuat pengguna kerepotan.

Terutama para wanita karena kemudian diharuskan untuk meng-engkol guna menyalakan motor. Satu upaya yang telah lama ditinggalkan usai adanya starter, tinggal tekan dan jalan.

4. Aki

Bila busi sebagai pemantik nyala mesin maka aki berfungsi untuk menjaga listrik tetap ada. Oleh karenanya maka motor bisa berjalan dengan baik.

Terutama saat menjalankan fungsi lampu, baik itu lampu depan, belakang maupun sein. Selain itu tentu nyala klakson agar tetap nyaring sepanjang hari.

5. Kampas Rem

Bila busi untuk kenyamanan maka kampas rem untuk keamanan. Jaga benar-benar agar rem berfungsi dengan sempurna.

Banyak kecelakaan yang terjadi saat ini karena rem blong atau tidak berfungsi dengan baik. Tidak mau bukan nyawa terancam hanya karena lalai memperhatikan kampas rem.

6. Ban

Perhatikan ban motor dan pastikan sesuai dengan spesifikasi yang ada. Jangan sekali-kali mengganti (terutama menjadi ban lebih kecil) karena berpotensi menimbulkan masalah.

Selain itu jaga agar kondisi tidak aus atau gundul karena rentan selip. Terutama saat berkendara dalam kondisi hujan maupun jalan berpasir.

Tekanan udara yang ada pun harus disesuaikan dengan ukuran ban. Tidak bisa kurang atau lebih karena akan membuat kinerja tidak optimal.

7. Filter Udara

Salah satu yang membuat kinerja mesin cukup baik adalah adanya filter udara. Oleh karenanya perlu dipastikan komponen ini senantiasa bersih.

Caranya tentu saja dengan rajin membersihkan saat servis motor. Namun bila saatnya diganti maka ada baiknya dilakukan penggantian. Jangan paksakan filter kurang baik digunakan dan kemudian pembakaran tidak sempurna.

8. Tune up Motor Rutin

Hal penting lainnya yang harus dilakukan saat servis motor rutin tentu saja tune up. Pengecekan untuk seluruh bagian harus dilakukan dengan seksama.

Semua bagian harus dikembalikan seperti setelan pabrik. Mulai dari baut-baut, rem, ban, lampu-lampu, klakson dan lain-lain.

Pada umumnya mekanik akan memberikan opsi bila memang perlu dilakukan penggantian. Pilih produk / spartpart original untuk menjaga performa tetap prima.

Planet Ban sebagai Bengkel Servis Motor Terbaik

planet ban bengkel
icostalk.com

Bengkel motor yang menjadi pilihan tentu saja mereka yang memberikan jaminan mutu. Baik itu dari proses, spart part maupun oli mesin dan semua itu bisa diberikan Planet Ban.

Bengkel ini cukup mudah ditemukan, sebagai contoh di tempat saya tinggal. Hanya dengan mengetik Planet Ban di G-maps maka akan muncul beberapa bengkel Planet Ban terdekat.

Yang saya suka saat berada di bengkel ini bagaimana mereka ditukangi mekani handal. Terlihat dari cara kerja dan penggunaan teknologi canggih yang ada untuk menyajikan data.

Selain itu bengkel yang rapi dan bersih. Tidak seperti bengkel pada umumnya yang penuh dengan noda oli dan ini tidak ditemukan.

Ubin dan tembok bersih membuat siapa saja yang berkunjung nyaman untuk menunggui proses servis motor. Selain itu tentu bisa melihat koleksi ban bila kelak ingin melakukan penggantian.

Ada juga produk oli dengan teknologi ester yang bisa disesuaikan dengan jenis motor. Mau motor apapun itu bisa servis di Planet Ban dan kembalikan performa motor terbaik.

Keunggulan Planet Ban sebagai Bengkel Motor

Alasan utama seseorang pergi ke bengkel motor tentu untuk dapat layanan prima dan hal itu bisa diberikan Planet Ban. Alat yang canggih dan cairan khusus digunakan untuk membersihkan kotoran dan debu yang ada.

Terutama pada bagian blok CVT dan bagian-bagian lain yang susah dijangkau. Menjadikan tampilan layaknya motor baru yang bersih dan kinclong.

Usai servis tarikan motor akan makin nyaman. Selain itu emisi akan turun hingga 70 persen dan konsumsi bahan bakar akan menurun drastis.

Ngebengkel di Planet Ban itu murah, sebagai contoh untuk servis motor injeksi atau servis throttle body hanya dikenakan Rp 20 ribu saja untuk masing-masing proses. Atau bila ingin servis CVT beserta belt akan dikenakan Rp19.500,-.

Kapan lagi bisa manjain motor bila tidak di Planet Ban. Yuk datang sekarang juga dan lakukan servis motor rutin untuk kenyamanan dan keamanan berkendara.

7 pemikiran pada “Servis Motor Rutin Tak Ubahnya Investasi, Cek 8 Bagian ini”

  1. Harus rajin ganti oli ini namanya ya kak agar sepeda motor aman terlindungi dalam waktu yang lama

  2. Si kampas rem sering kelewat dicek, jadi kadang nggak nyaman. Sebagai perempuan penting banget hafalin bagian-bagian yg perlu dicek dan dikonsultasikan ke mekanik. Kalau motor awet kan kita juga yang senang.

Komentar ditutup.