“UMKM naik kelas” menjadi tagline atau motto yang senantiasa didengungkan dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu langkah nyata yang bisa dilakukan tentu saja membangun satu website berkualitas.
Bukan hanya sebatas untuk mendongkrak penjualan tapi ada banyak manfaat lain yang akan dirasakan para pelaku usaha. Sangat disayangkan bila kemudahan akan kemajuan zaman ini tidak dioptimalkan.
Sebagai orang yang berkecimpung sebagai salah satu pengurus Forum Komunikasi (Forkom) UMKM Desa Sidomoyo maka sudah menjadi kewajiban bagi saya untuk mengajak seluruh anggota agar go digital. Tujuannya tentu saja untuk menjangkau pasar yang jauh lebih luas.
Selain itu sebagai sarana efisiensi dalam proses marketing termasuk di dalamnya upaya promosi dan branding. Seperti kita tahu saat ini pemasaran menjadi isu yang paling krusial bagi UMKM di luar permodalan.
Menjangkau pasar lebih luas memberi kesempatan untuk meningkatkan omset. Secara tidak langsung tentu ada profit bertambah didalamnya.
Namun sayangnya saat ini mayoritas pelaku UMKM fokus dengan produk mereka. Terutama mereka golongan tua dengan rentan usia 45 tahun ke atas.
Sedikit diantara mereka yang siap menggarap sisi pemasaran dengan serius. Salah satu indikator yang nampak tidak adanya sosial media sebagai sarana branding dan pendukung penjualan.
Mereka yang menggarap dengan serius pemasaran tentu tidak saja hanya akan menggunakan sosial media gratisan. Tapi juga akan menyiapkan platform yang dapat diandalkan.
Software atau content management system (CMS) yang tergolong murah tapi tidak murahan tentu saja apa yang dikenal dengan wordpress. Dengan produk ini pelaku UMKM dapat membuat media pemasaran yang kredibel dan powerfull.
Bukan hanya sebatas memberi keyakinan akan produk berkualitas kepada calon customer saja. Lebih dari itu bisa memberi pengalaman dalam belanja kian menyenangkan.
Berbekal ratusan ribu saja sudah bisa mendapat CMS berbasis wordpress dan domain kredible. Pastikan hanya menggunakan domain terbaik, mulai dari .com atau .net. Namun sebagai warga negara yang cinta akan kelokalan sangat disarankan untuk menggunakan .co.id atau .id.
Baca juga: Aplikasi UMKM Gratis yang Wajib Dicoba
Manfaat Website untuk UMKM
Digitalisasi yang terjadi saat ini tak lepas dari adanya Covid-19. Di mana pada sebelumnya tatap muka, bertemu dan berkumpul harus ditiadakan.
Mau tidak mau harus ada solusi lain yang harus diambil. Salah satunya memaksakan diri untuk go digital. Meski saya pilih kata memaksakan diri tapi pada faktanya memberi dampak signifikan bagi UMKM.
Apabila diatas sudah saya utarakan beberapa poin yang sifatnya dasar maka berikut ini akan saya tambahkan manfaat website untuk UMKM. Sesuatu yang dampaknya akan langsung dirasakan oleh para pelaku usaha yang telah melek digital.
Apa saja dampak baik didapat, berikut manfaat website bagi UMKM:
1. Menjawab Informasi Penting
Apabila dulu seorang sales atau bagian pemasaran harus bercerita panjang lebar untuk memperkenalkan suatu produk. Tapi kini tidak lagi, dengan adanya teknologi digital semua itu kian mudah.
Di mana pemilik usaha cukup memberikan diskripsi semenarik mungkin guna menjawab pertanyaan pelanggan. Berbagai informasi penting bisa disajikan melalui kalimat, angka, video maupun audio.
Terlebih saat ini customer kian cerdas dimana mereka tidak mau asal beli. Harus ada informasi yang jelas apa saja yang terdapat didalamnya.
Adanya web ini tentu akan sangat membantu, cukup membuat / menulis satu kali tapi bisa dibaca ribuan pembaca. Kapanpun dimana pun selama ada akses internet maka informasi penting itu akan tersampaikan.
Termasuk informasi penting yang harus ada tentu saja lokasi toko dan cara pembelian. Hal ini bisa disertai dengan CTA atau call to action dan closing bukan satu hal yang tidak mungkin.
2. Dapat Diakses Kapan Saja
Toko pada umumnya miliki jam operasional terbatas. Dari pagi hingga sore dan ada pula yang sebagian buka hingga malam hari.
Tapi tidak dengan toko online di mana toko ini dapat diakses kapanpun. Iya, pemilik usaha miliki toko yang buka 1×24 jam selama 1 minggu penuh ketika mereka miliki website.
Hal ini tentu akan memangkas biaya yang cukup banyak. Di mana pelaku usaha tidak perlu ada menyewa ruko, menggaji karyawan, bayar listrik hingga menghindari risiko kehilangan.
Membangun sebuah website hanya berat diawal. Mungkin hanya 1 minggu untuk siapkan segala sesuatunya dan setelah itu bisa terus bekerja tanpa perlu ditunggu atau diawasi layaknya toko fisik.
3. Alat Pemasaran Paling Hemat
Saya percaya digitalisasi adalah alat pemasaran paling murah. Akan terjadi banyak pemangkasan saat toko offline menjadi toko online.
Bukan berarti mengesampingkan toko offline tapi seyogyanya para pelaku usaha untuk mulai beralih dan menyiapkan diri untuk lebih banyak go digital. Toko pada umumnya bisa jadi hanya akan menggarap market radius beberapa kilometer saja.
Berbeda dengan toko online dimana sejauh apapun bisa dilayani. Bisa antar kabupaten / kota, provinsi hingga antar pulau. Tak jarang mereka yang sudah tahu caranya bila inggin menggarap sektor ekspor.
4. Menarik Pembeli Potensial
Mereka yang sudah pernah berbelanja atau menggunakan jasa pada umumnya akan datang kembali selama produk / jasa sesuai dengan apa yang diharapkan. Hal ini sudah pasti menjadi aset bagi pelaku usaha untuk mencoba menawarkan kembali untuk produk lainnya.
Semisal orang yang pernah datang dan belanja untuk membeli baju lucu nan imut. Bisa jadi ia akan datang lagi untuk membeli produk lain di tempat yang sama.
Dunia digital juga miliki banyak fitur menarik yang bisa digunakan. Salah satu yang cukup menarik adalah adanya email berlangganan. Pelanggan akan menerima informasi setiap kali pemilik usaha posting produk baru.
5. Mengumpulkan Data Base Calon dan Pelanggan
Data kini menjadi sesuatu yang sangat berharga. Karenanya seseorang bisa menawarkan banyak hal.
Pun demikian dalam pemasaran digital, dimana pelanggan pada umumnya akan meninggalkan kontak baik itu nama, email maupun nomor telepon. Data ini tentu bisa digunakan untuk menggarap market yang lebih luas.
Satu hal yang tak bisa diabaikan tentu saja perilaku konsumen. Perilaku yang ada akan terekam dan kemudian bisa diolah.
Contoh paling mudah dimana karyawan pada umumnya gajian pada tanggal 25 atau 28 setiap bulannya. Artinya di tanggal-tanggal tersebut mereka ini menjadi pelanggan potensial untuk digarap.
Promo, diskon atau potongan harga hingga gratis ongkir kemudian begitu mudah ditemukan. Semua itu adalah cara untuk menggarap pelanggan potensial.
6. Meningkatkan Kepercayaan
Kredibilitas saat ini menjadi isu penting untuk digarap. Produk berkualitas pada umumnya miliki situs resmi yang memudahkan pelanggan / pembeli crosscheck atas apa yang mereka beli.
Bila tidak ada website tentu pembeli akan kecewa karena mendapat produk yang diragukan. Keragu-raguan ini lah yang kemudian menjadi biang keladi gagalnya closing atau penjualan.
7. Meningkatkan Exposure
Beberapa tahun lalu bisa jadi exposure belum menjadi perhatian bagi pelaku usaha. Tapi kini mereka berlomba-lomba untuk meningkatkan exposure.
Cara paling mudah tentu saja dengan miliki website sendiri. Cara ini juga menjadi sarana promosi yang ampuh atau powerfull bila ditangan yang tepat.
Ada diantara mereka yang lebih fokus menggunakan strategi SEO dan ada pula yang menggunakan iklan berbayar. Namun bila disuruh memilih tentu SEO jauh lebih baik.
Tips Memilih Penyedia Hosting dan Domain Terpercaya
Setelah mengetahui beberapa manfaat adanya website untuk UMKM maka kini saatnya memahami beberapa tips untuk memilih penyedia hosting dan domain terpercaya guna mendukung UMKM naik kelas. Jangan sampai salah pilih karena hampir bisa dipastikan akan ada banyak masalah dikemudian hari.
WordPress hosting secara sederhana dapat dikatakan sebagai rumah yang kemudian akan diisi dengan berbagai perabotan. Sementara domain adalah alamat dari rumah itu sendiri.
Selain ingin miliki rumah multi fungsi, berada di tempat strategis dan mudah ditemukan tentu masih ada harapan lain. Pun demikian dalam membangun website, konsep tersebut harus benar-benar dipikirkan agar miliki rumah yang mendekati sempurna.
Sebelum benar-benar memutuskan perhatikan benar-benar ketentuan dibawah ini:
1. Tentukan Tujuan
Tujuan disini tentu saja bukan hanya sebatas tujuan website dibuat. Tak kalah penting juga harus tahu tujuan dari usaha / bisnis itu sendiri.
Hal ini nanti akan berkaitan dengan kebutuhan apa saja yang harus ada didalamnya. Jangan sampai salah spesifikasi, baik itu di bawah kebutuhan karena sudah pasti tidak akan berjalan optimal. Atau berada diatas kebutuhan karena ada bagian yang sia-sia.
2. Lokasi Server
Banyak pelaku usaha yang tidak paham akan hal ini dan asal pilih. Akan menjadi tidak optimal bila market ada di Indonesia dan memilih server di Amerika atau Kanada.
Padahal saat ini ternyata di Jakarta atau Singapura telah ada server yang bisa dipilih. Semakin dekat jarak server dengan lokasi tentu akan lebih baik dalam menjaga performa dan kestabilan.
3. Cek 3 Harga
Dalam hal apapun, poin ini menjadi sebuah keharusan dimana cek 3 harga harus dilakukan. Caranya pun sangat mudah, cukup membandingkan beberapa penyedia hosting dan domain.
Siapkan ceklist dan perhatikan berbagai kelebihan dan kelemahan yang ada dengan harga yang sama. Penyedia hosting dan domain dengan angka tertinggi tentu layak menjadi pilihan utama.
Sekali lagi, murah bukan berarti murahan dan mahal bukan berarti jaminan lebih baik. Oleh karenanya bila kurang paham bisa konsultasi pula dengan mereka yang paham akan hal ini agar tidak salah beli.
4. Tim Support 24 Jam
Untuk poin nomor 4 ini ada baiknya dilakukan testing secara mandiri. Caranya cukup menghubungi mereka pada jam tertentu melalui live chat.
Perhatikan respon yang ada, mulai dari kecepatan hingga tuntas atau tidaknya dalam menyelesaikan masalah. Jangan sampai ternyata apa yang disampaikan CS justru menjerumuskan karena minimnya kompetensi tim support.
5. Minta Rekomendasi
Alternatif lain yang bisa diambil tentu saja meminta rekomendasi mereka yang terbiasa mengelola sebuah website. Pada umumnya informasi lebih akurat karena langsung dari pengguna.
Meski tidak ada penyedia hosting dan domain yang istimewa 100 persen tapi tetap bisa memilih yang terbaik dari pilihan yang ada. Rekomendasi yang ada tentu bersifat up to date dan dapat dipertanggung jawabkan.
Bila benar-benar tidak ada yang bisa dimintai rekomendasi maka bisa cek review pelanggan. Pada umumnya apresiasi pelanggan akan mudah ditemukan dalam google my business. Atau bila tidak banyak yang mengulas dalam blog orang lain.
6. Fitur Tambahan yang Ada
Meski tidak semua penyedia menawarkan tapi tetap bisa dicoba. Fitur yang ada pun bentuknya macam-macam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
Jangan sekali-kali memilih dan menggunakan fitur yang tidak bermanfaat hanya karena ingin tampil keren. Web yang baik memang butuh keren tapi lebih butuh bisa diandalkan.
Selain beberapa hal diatas mungkin masih ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan sifatnya teknis. Namun dengan fokus pada hal-hal sederhana sekalipun tetap memberi peluang pelaku usaha mendapat produk terbaik.
Yang Harus Ada Saat Memilih Penyedia Hosting
Ada beberapa alasan yang membuat saya berani merekomendasikan para pelaku usaha atau UMKM untuk memeilih sebuah penyedia hosting. Namun bila disederhanakan setidaknya akan menemukan 8 alasan UMKM naik kelas dan alasan-alasan tersebut antara lain:
1. Miliki Jam Terbang Tinggi
Penyedia hosting harus teruji miliki jam terbang tinggi. Melayani sejak belasan atau puluhan tahun lalu dengan jumlah klien mencapai ratusan ribu pelanggan. Bukan hanya perusahaan besar saja tapi para pelaku UMKM dan blogger dengan dana mepet pun bisa menggunakan produk mereka.
Mereka tidak saja hanya melayani klien yang ada di Indonesia saja. Akan tetapi tersebar diberbagai negara. Mereka pada umumnya juga memiliki banyak server untuk ratusan ribu situs dan jutaan email menjadi bukti nyata bahwa mereka dapat diandalkan.
2. Miliki Performa Tinggi
Bila poin sebelumnya lebih pada faktor di luar sistem maka alasan nomor 2 ini betul-betul menawarkan produk berkualitas. Mereka harus mampu hadirkan uptime server tinggi, artinya situs senantiasa bisa diakses kapanpun.
Menjadi bencana bagi pemilik website bila tiba-tiba situs tidak bisa diakses. Memberi dampak buruk bagi customer dan bisa jadi kelak akan pergi.
3. Harga Murah Tapi Tidak Murahan
UMKM yang tengah merintis tentu saja suka dengan apa yang namanya web hosting murah. Sedikit saran dari saya, untuk tahun pertama bisa memilih produk paling murah tapi ada baiknya untuk di-upgrade di tahun berikutnya.
Alasannya tentu saja seiring bisnis yang berkembang maka harus ada investasi yang ditambahkan. Jangan sampai kemudian bila hosting tidak mampu menahan beban / jumlah kunjungan sehingga menjadikan lambat. Bila ini terjadi maka besar kemungkinan pelanggan enggan datang kembali.
5. Gratis Domain
Bila dengan membeli hosting saja bisa dapat domain kenapa harus membeli? Saat ini ada banyak sekali penyedia hosting yang memberikan gratis cuma-cuma untuk tiap pembelian hosting.
6. Gratis Sertifikasi SSL
Bukan hanya domain gratis saja, saat melakukan pembelian hosting pelanggan juga bisa menikmati sertifikasi SSL atau Secure Socket Layer. Saat ini SSL menjadi kebutuhan wajib bagi pemilik situs untuk melindungi web yang ada.
Salah satu indikator yang terlihat bila website dikatakan aman telah menggunakan awalan https://Â oleh karenanya bila ternyata situs kamu masih terbaca http:// segera tambahkan SSL.
Ketika sebuah situs diakses melalui chrome dan dinyatakan tidak aman maka akan ada notifikasi Not Secure (tidak aman). Biasanya akan ditandai warna kuning hingga merah.
7. Support 24 Jam
Sebagai orang yang awam terhadap coding saya itu paling suka dengan adanya live chat. Dengan cara ini saya bisa berkomunikasi langsung dengan tim teknis, sales maupun billing.
Jam berapapun mereka siap kasih support dan kasih solusi. Selain menggunakan live chat untuk mendapat dukungan juga bisa menggunakan whatsapp, tiket, email, telepon, maupun sosial media..
Saran saya kenali Customer Service yang bantu karena ada yang sangat kompeten dan sebagian lebih pada prosedural. Dengan mengenal siapa yang bantu tentu akan lebih mudah karena mereka juga tahu riwayat website dikelola.
8. Kelebihan lainnya
Selain beberapa hal diatas, beberapa teknologi canggih yang bisa memberi rasa aman dan tenang adalah adanya brotli yang bisa mengkompres file agar ukuran lebih kecil. Dengan cara ini tentu kecepatan bisa ditingkatkan.
Selain itu masih ada WordPress Accelerator yang akan sangat membantu dalam proses cache atau membersihkan. Gagal dalam proses ini maka web akan terasa lebih lambat.
Ketiga ada Imunify360 yang mampu bekerja apik untuk melindungi server dari serangan virus maupun malware. Seperti kita tahu saat ini kejahatan cyber kian marak dan situs harus mendapat dukungan optimal.
Keempat yang tak bisa dilewatkan adalah fasilitas gratis untuk backup harian. Bila terjadi sesuatu maka database akan tetap terjaga dengan baik.
Meski miliki uptime yang sangat baik ternyata belum disertai dengan kecepatan server, terutama untuk hosting murah. Ada baiknya untuk melakukan pembelian pada hosting kelas menengah ke atas. Meski sedikit lebih mahal tapi memberi jaminan untuk hasil lebih baik.
Penutup
Saatnya pelaku usaha benar-benar bisa mewujudkan mimpi, UMKM Naik Kelas dan bukan lagi sekadar tagline atau wacana. Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja dengan proses digitaliasi, membuat satu website berkualitas yang bisa mendukung proses bisnis dan memudahkan proses / kerja yang ada didalamnya.
Percayakan semua itu kepada penyedia hosting terbaik, dan kita sebagai pelaku usaha bisa fokus menggarap yang lain. Jangan tunda karena waktu akan terus berjalan dan tidak bisa diputar kembali.
#UMKMenthusiast #PendampingProdukHalal #PekerjaTeksKomersil